Penyelesaian Sengketa Pajak Dalam Mengatasi Kendala Yang Timbul Dalam Penyelesaian Sengketa Pajak

  • Huda Maz

Abstract

Indonesia sebagai negara hukum modern yang menganut konsepsi negara kesejahteraan, mempunyai tujuan agar tercapai kesejahteraan masyarakat dengan jaminan perlindungan hukum dari penyelenggara pemerintahan. Secara historis konsepsi negara kesejahteraan (welvaarstaat) pada permulaan abad ke 20, membawa pergeseran pada peranan aktifitas pemerintah. Pergeseran dimaksud adalah konsepsi nachtwakerstaat ke konsepsi welvaarstaat. Pada konsepsi nachtwakerstaat, tugas pokok pemerintah adalah menjamin dan melindungi kedudukan ekonomis dari mereka yang menguasai alat-alat pemerintah serta berfungsi sebagai penjaga ketertiban dan keamanan masyarakat belaka. Sementara pada konsepsi welvarstaat, pemerintah diberi kewajiban untuk mewujudkan kesejahteraan umum (bestuurzorg), untuk itu kepada pemerintah diberikan kewenangan untuk ikut campur tangan dalam segala lapangan kehidupan masyarakat.

Atas dasar pergeseran konsepsi nachtwakerstaat ke konsepsi welvarstaat, maka sejak saat itu lapangan pekerjaan pemerintah makin lama makin luas. Hal ini menimbulkan semakin besarnya campur tangan pemerintah (penguasa) di dalam setiap sektor kehidupan masyarakat, termasuk campur tangan dalam bidang sosial-ekonomi. Sjachran Basah mengkaitkan campur tangan pemerintah ini sebagai bagian dari tugas pemerintah sebagai pelayan masyarakat (public service), yaitu tugas pemerintah tidak semata-mata hanya dibidang pemerintahan saja, melainkan juga melaksanakan kesejahtraan sosial dalam rangka mencapai tujuan negara yang dijalankan melalui pembangunan nasional. Untuk menjalankan tugas-tugas public service, oleh administratur Negara selain bertindak berdasarkan perundang-undangan juga diberi kewenangan bertindak berdasarkan freies Ermessen (discretionair), yaitu kebebasan bertindak atas inisiatif sendiri guna menyelesaikan persoalan-persoalan penting dan mendesak yang pengaturannya belum ada, dan tindakan tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan.

 

Published
2020-05-16
How to Cite
Maz, H. (2020). Penyelesaian Sengketa Pajak Dalam Mengatasi Kendala Yang Timbul Dalam Penyelesaian Sengketa Pajak. Gema Genggong : Jurnal Hukum, Keadilan & Budaya, 2(1). Retrieved from https://ejournal.stihzainulhasan.ac.id/index.php/gema/article/view/63